[C-Drama] Well-Intended Love Season 1 & 2 REVIEW

Haiiiiiii! Tanpa banyak berbasa-basi, kali ini gue mau ngomongin salah satu drama Cina yang [sepengamatan gue] cukup populer: Well-Intended Love.


Season 1


Well Intended Love Season 2 Review - Great For Fans But Not For Others
Season 2

Drama ini ada 2 season, season 1 = 20 episode, sedangkan season 2 = 16 episode aja. Tapi tiap season ini bisa ditonton sendiri-sendiri, alias ceritanya gak nyambung.
Wtf What GIF - Wtf What Huh - Discover & Share GIFs

Jadi, season 2 itu kayak di alternate universe, dengan karakter yang sama dan juga jalan cerita yang ampir persis sama dengan season 1.

Terus kenapa nonton season 2? 
Emang ada yang mau nonton season 2 kalo gitu?

Sebelum gue ngomongin 2 alasan di atas, mari gue rangkum dulu jalan cerita ini drama kayak apa.

Season 1
Meet our heroine: Xia Lin, seorang aktris baru yang belum nge-top. Suatu hari dia di-diagnosis kena penyakit Leukemia, yang jelas bagi dia adalah mimpi buruk. Setelah melalui proses penyelidikan, cuma ada satu orang yang bisa donor sumsum tulang belakang buat dia, yaitu Ling Yi-zhou.

Meet our hero: Ling Yi-zhou, CEO muda dan sukses di Lingshi Group. Satu-satunya orang yang bisa jadi 'penyelamat' Xia Lin.

Demi kepentingan 'masing-masing', mereka berdua pun akhirnya sepakat ngejalanin kontrak pernikahan selama 2 tahun. Dan, bukan drama romance namanya kalo selama 2 tahun itu, mereka gak saling jatuh cinta.

Xia Lin - Ling Yi-zhou
(penonton baper mana suaranya????????!!!!!!!!)

Orang-orang di sekitar mereka:
  • Chu Yan, aktor nge-top yang satu manajemen sama Xia Lin, sekaligus temen deketnya Ling Yi-zhou. Awalnya ribut mulu sama Xia Lin karena dia nganggep Xia Lin cuma mau manfaatin Ling Yi-zhou demi ketenaran, sedangkan bagi Xia Lin, Chu Yan itu gay yang suka sama Ling Yi-zhou. Tapi lama kelamaan, Chu Yan naksir sama Xia Lin yang notabene adalah istri sohibnya.
Gambar
Chu Yan - Ling Yi-zhou
(ASELI, lo harus nonton sendiri episode 13 untuk menyaksikan kekerenan ini)
  • An Ran, temen masa kecilnya Ling Yi-zhou & Chu Yan. Naksir sama Ling Yi-zhou, sampe akhirnya gelap mata kepengen ngancurin Xia Lin (sumpah gue engap denger dia ngomong 'Yi-zhou gege~~, Chu Yan gege~~ udah kayak tikus kejepit).
  • Jia Fei, sahabatnya Xia Lin. She is the besssstttttt, pokoknya! Nantinya dia ada love line sendiri sama asistennya Ling Yi-zhou.
  • Wen Li, asistennya Ling Yi-zhou, alias pembantu umum. Ngeliat dia gue jadi tahu berat bener jadi asisten CEO di drama-drama πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. 
  • Nan Jin-tian, INI DIA BIANG KEROK. Adek tirinya Ling Yi-zhou yang punya dendam kesumat sama kakak tirinya. Tapi maaf yah, gue tiap ngeliat dia kepengen banget nyuruh dia tidur siang.. SOALNYA LESU BANGET BRO SUARA LO. LO YAKIN GAK MAU TIDUR DULU BARU JAHATIN ORANG?! *ditelepak* πŸ˜‚
Well Intended Love Is A Playful Drama To Brighten Up A Gloomy Day ...
Nan Jin-tian sama bidak caturnya, An-ran

Well-Intended Love (2019-2020)
Jia Fei - Wen Li

Yang gue suka dari season 1 (πŸ’£agak spoiler, kalo belum nonton skip aja):
  • Chemistry-nya! Gue dari awal udah suka chemistry Ling Yi-zhou sama Xia Lin, bagi gue mereka klop banget. Selain itu, gue suka juga chemistry Xia Lin - Jia Fei (kayak bener-bener temen yang suka saling bantu), terus Chu Yan - Xia Lin yang dari awal benci, lama-kelamaan saling bantu, dan berakhir πŸ’”jatuh cintaπŸ’”. Gue malah lebih suka hubungan Chu Yan - Xia Lin di sini daripada season 2. Lebih nyesek aja cinta bertepuk sebelah tangannya #hikz (mb, jangan curhat di sini, mb).
  • Antagonisnya. Sebenernya bagi gue antagonis di sini ga terlalu memorable jika dibandingin antagonis di drama-drama serupa. BUT, setelah gue menonton season 2, antagonis di sini ternyata lebih ada power dan lebih TAMPOL-ABLE
Yang gue GAK suka dari season 1 (πŸ’£agak spoiler, kalo belum nonton skip aja):

Nomer satu:
Di episode 11, kita akhirnya tahu kalo Xia Lin tuh gak punya penyakit leukimia. Semua itu cuma skenario Ling Yi-zhou biar Xia Lin nikah sama dia. Buat banyak penonton (dan gue juga), cara PDKT-nya Ling Yi-zhou ini AGAK GILA LO BRO. Gini deh coba bayangin, kalo cara serupa diterapkan di dunia nyata, lo ditipu dan 'dipaksa' nikah sama orang asing, APA KAGAK NGERI? Di drama mah keliatannya enak, yang maksa nikah tuh ketauanlah orangnya baik, tanggung jawab, cinta sama bininya. Coba di real life, apa kagak modar antum 'dipaksa' nikah sama orang yang kagak jelas baik apa kagak, psikopat apa kagak, atau ternyata BININYA DI RUMAH UDAH ADA LIMA. 

N666eri, gan.

Gue bohong kalo bilang gak baper, gak kegugah hatinya sedikit pun ngeliat perlakuan baik, protektif, sayangnya LingYi-zhou ke Xia Lin.

Gue bohong kalo bilang gak meleleh tiap ngeliat Ling Yi-zhou yang kayak selalu ready 24 jam buat nolongin Xia Lin.

BUT deep down inside my heart, I know, nipu cewek punya penyakit biar nikah sama lo is wrong on so many levels.

Nomer dua:
Gue merasa ini drama kayak banyak gak logisnya, gue gak ngerti sih ngomongnya ini gimana ya... Kayak untuk mencapai suatu tujuan aja lo harus muter-muter duluContoh
  1. Nyokapnya Ling Yi-zhou yang keliatan berusaha nebus kesalahan ke Ling Yi-zhou selama BERTAHUN-TAHUN, ternyata sebenernya itu cuma topeng & di akhir dia mau nyingkirin anaknya sendiri dari posisi CEO. Ini asli gak make sense abis. Kalo mau nyingkirin Ling Yi-zhou, sebenernya dia gak harus nunggu anaknya koma dulu, cuy.
  2. Not to mention, ngibulin cewek pake bawa-bawa penyakit leukemia segala. Lu orang kaya, meeeennn. Invest aja di rumah produksi buat bikin drama di mana Xia Lin jadi pemeran utama, lu bisa kenalan deh sama tuh cewek.
Dan, jangan lupakan plot yang dirancang para antagonis buat ngejebak para pemeran utama KOK YANG KAYAK PAS DAN MENDUKUNG BANGET? Contoh: Pas Xia Lin difoto seolah-olah dia mau dorong Chu Yan ke laut (dengan begitu dia dituduh pembunuh), KOK YA PAS AJA GITU DAPET POSE FOTO YANG KAYAK GITU... Kalo gak ada foto gitu, bubar dong rencana loooo wahai penjahat?????!!!!!

Gak sampe di situ, Xia Lin juga dituduh ngebakar ruangan tempat Chu Yan dirawat di rumah sakit padahal saat itu Xia Lin lagi keluar buat belanja. Masa gak ada satupun saksi atau CCTV yang ngebuktiin Xia Lin lagi belanja???

Itu cuma sekian error yang gue tulis, sisanya masih banyak lagi, mungkin bisa ditonton sendiri.

Nomer tiga:
Beberapa episode terlihat repetitif & keliatan banget cuma manjang-manjangin durasi. Kayak waktu Xia Lin diculik dan berusaha kabur, ADA KALI DIA BIKIN 5 RENCANA BUAT KABUR TAPI GAGAL SEMUA... UNTUK APAAAA... UNTUK APAAAAAA....

Dih apalagi Nan Jin-tian ini buat nyiksa Ling Yi-zhou mending langsung 'bunuh' Xia Lin aja, kirim foto deh. Ngapaeeeen lo kabur-kaburan bawa Xia Lin ke mana-mana, buang-buang ongkos bensin ajeeee πŸ˜‚.

Kesimpulan untuk season 1: you either love it OR hate it. Surprisingly, gue di nomer 1 πŸ˜† Walaupun gue gak yang cinta banget BANGET sampe hapal mati tiap scene-scene-nya, tapi bagi gue drama ini bener-bener guilty pleasure banget.

Season 2
Di universe lain, kita bakal ketemu Xia Lin, seorang aktris yang lagi ada di puncak kariernya. Sayangnya, suatu hari, kariernya terancam karena 'foto skandal'-nya saat lagi pelukan tersebar di internet. Untuk itu, dia berusaha mencari 'penyelamat'-nya, Ling Yi-zhou, seorang CEO muda dan sukses dari Lingshi Group, untuk mengklarifikasi hubungan mereka.

Singkat cerita, mereka berdua akhirnya sepakat ngejalanin kontrak pertunangan selama 2 tahun. Tentu aja dalam 2 tahun ini, mereka pun saling jatuh cinta.

(WEH GUA NYESEL NULIS SINOPSIS SEASON 2, SEMACEM COPAS TAPI GAK COPASπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†)

Xia Lin - Ling Yi-zhou
(semacam kenal, hmmm, di mana yah...)
(di season 1, mb)

Jika di season 1, kita punya 2 couple sampingan selain couple utama. 
Maka di season 2, kita punya 2 couple sampingan selain couple utama.

YA BETUL, MEMANG SAMA AJE. πŸ˜‚

Chu Yan - Xiao You/ Ruan Meng
Wen Li - Jia Fei

Yang jadi perbedaan, cerita cinta mereka porsinya lebih banyak dibahas. Masing-masing ngerasa  "KOK KAYAKNYA GUE PERNAH KENAL LO YA???" ke pasangannya. Hal ini merujuk ke season 1.

Jikalau di atas adalah persamaan-persamaannya, di bawah ini adalah karakter yang beda sama season 1-nya. Dan mereka semua adalah antagonisnya.

Fu Wei-ning - Jiang Yu-shi

  • Fu Wei-ning ini ceritanya temen kuliahnya Ling Yi-zhou. Dia ngerasa kalau Ling Yi-zhou ini kaum privilege (bener-bener udah kayak perdebatan anak twitter) yang gak pantes dapet posisi CEO. Dia pun berusaha untuk ngejatohin Ling Yi-zhou di berbagai kesempatan.
  • Jiang Yi-shu, manajernya Xia Lin. Sebenernya gue gak sangka dia penjahat (soalnya dia keliatan sincere banget ke Xia Lin), tapi yah ternyata DHUAR.
Yang gue suka dari season 2 (πŸ’£agak spoiler, kalo belum nonton skip aja):

Nomer satu:
Mereka bener-bener tahu cara buat fans season 1-nya seneng, karena banyak, BANYAK, BANYAK BANGET scene-scene yang merujuk ke season 1. Jadi kita tuh nonton sambil berusaha nemuin easter egg dari season 1. Perasaan ini persis seperti yang gue rasain ketika berusaha nemuin easter egg di film-film MCU (Medical Check-Up Marvel Cinematic Universe). Oh ya gak lupa juga: lagu pembuka sama penutupnya masih SAMA kayak di season 1.

(percaya atau gak, gue hampir nangis kegirangan pas tau lagu wo hai shi hen xi huan ni ini masih dipake di season 2 πŸ˜‚)

Nomer dua:
Dari setting dan acting, di season 2 emang jauh ada peningkatan menurut gue. Kayaknya modalnya juga emang lebih kenceng ya season ini (hal ini dapat dibuktikan dengan buanyaaaak product placement di mana-mana πŸ˜‚). Oh ya, GUE MUPENG BANGET NGELIAT APARTEMENNYA JIA FEI. (Ya TUHAN, AKU MAU PUNYA APARTEMEN.)

Nomer tiga:
Walaupun masih ada hal-hal tidak logis & APAAN SIH, gue lebih suka hubungannya Xia Lin sama Ling Yi-zhou yang lebih natural. No more Leukemia thing (walaupun gue tahu ya Ling Yi-zhou, lu ada niatan kan di episode 1, cih, emang gue gak tahu apa). Hubungan Jia Fei sama Wen Li juga gue lebih suka di sini karena porsinya lebih banyak dan natural aja. Ini drama emang good kalo dinilai untuk aspek romance.

Yang gue GAK suka dari season 2 (πŸ’£agak spoiler, kalo belum nonton skip aja):

Nomer satu:
MOHON MAAF, TAPI PENJAHAT DI SEASON 2 INI KENTANG BANGET. Gue sangat mengharapkan penjahat versi upgrade sebenernya, yang lebih smart dan nakutin DENGAN PORSI YANG LEBIH BANYAK. Tapi ini cuman SEKILAS doang. Sumpah, gue kecewa. Banget. Padahal kali ini penjahatnya udah gak kurang tidur (masih harus dibahas). TAPI TERNYATA MALAH LEBIH KENTANG.

6 Manfaat Kentang yang Harus Anda Ketahui - Lifestyle Liputan6.com
Kentang

Udah penyelesaiannya GITU banget lagi. Nih ya, kita semua dari episode 1 - 13, ditunjukkin kalo Ling Yi-zhou ini PINTER dan CERDIK. Tiap mau difitnah atau dicelakain dikit, dia pasti punya plan B. Eh, tiba-tiba di episode 14, dia kayak dipaksa mendadak oon. SIAPA SIH YANG MAU KE GUDANG PENJAHAT SENDIRIAN??!!!!! Lagian kan ceritanya dia gak dalam posisi dipaksa 'harus nemuin penjahat sendirian' dan biasanya dia selalu lapor Wen Li kalo mau ke mana-mana, tapi kali ini kayak DIPAKSA OON.

Udah penjahatnya kalah & roboh karena didorong Xia Lin doang jadi kejeduk kardus Porstex #APAAAN. Udah terus abis itu KAGAK DIBAHAS LAGI TUH PENJAHATNYA. Ceritanya ditangkep polisi aja udah gitu... Sumpah sangat-sangat downgrade dari season 1 (yang mana penjahat di season 1 juga kagak bagus-bagus amat).

Nomer dua:
Gak ada. Emang kekurangan di season 2 bagi gue itu doang πŸ˜‚. Ada sih, sebenernya gue lebih suka hubungan trio Chu Yan - Xia Lin - Ling Yi-zhou di season 1, but ya sudahlah.

Kesimpulan untuk season 2, sekaligus sebagai jawaban dari pertanyaan perlukah menonton season 2:

Menurut gue, Well-Intended Love Season 2 punya pangsa pasar tersendiri, yaitu:
  1. Orang-orang yang nge-fans dan CINTA BANGET sama season 1, yang saking cintanya sampe bisa ngomong 'rela-dah-gua-diajak-nyemplung-ama-lu-guys' ke semua karakter utamanya.
  2. Orang-orang yang BELUM NONTON season 1. Tapi emang sayang sih ya, jadi kurang konek aja ke scene-scene tertentu yang me-refer ke season 1, soalnya seru dan lucu aja kan pas nemu 'IH INI KAN YANG DI SEASON 1'.
Sedangkan, Well-Intended Love Season 2 gak cocok ditonton untuk:
  1. Orang-orang yang BIASA AJA atau CENDERUNG BOSEN selama nonton season 1. Karena for some people, season 2 ini gak lebih-gak kurang cuma pengulangan aja. 
***

Dan sampai di situlah pendapat gue mengenai drama ini.

Oh ya, drama ini sekaligus sebagai pembuka mata untuk gue, bahwa season 2 gak sebatas dibuat hanya sebagai sambungan season 1. Bisa juga dibikin seolah-olah 'di dimensi lain'. (Soalnya, gue adalah tipe 'yang sesuka-sukanya sama drama, gue gak rela kalo dibikin season 2-nya, KARENA GUE TAKUT KARAKTER-KARAKTER YANG GUE SAYANGIN MENDERITA LAGI'. Tapi kalo drama dibuat season 2 YANG CERITANYA DIULANG DOANG KAYAK GINI GUE SUKA!)
Sebagai penutup,

JADI KAPAN NIH DIBUAT SEASON 3?????!!!!!!
#asaltetepdialternateuniverse




Sumber gambar: sini, sinisini, sini, dan sini.

Komentar

  1. Eh pacarnya si direksi chu itu kok muka nya mirip musuhnya xia lin di ep 1 ya? Apa org yg sama? Apa mat gue salah kwkw

    BalasHapus
  2. Yg membuat sya kecewa tuh pas udah di seoson 1 nungguin anaknya pak bos dan nyonya bos lahir bener2 eksaitid bngt trus mencoba menonton s2 nya tpi gk ada anak nya😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bner bgt chu yun d s2 kyak suka dgn xisn lin

      Hapus
  3. Agak beda d season 1...s1 liang xin udh hamil sdngkn s2 gk gitu

    BalasHapus
  4. s2 ini lbh banyak iklan, kebanyakan iklan malahan hahaha. Kemudian lbh kemodi romantis drpd yg S1 lbh serius ceritanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taiwan Drama - Kabut Cinta (Romance in The Rain)

[C-Drama] REVIEW The Love Equations a.k.a The Sweet Love Story