Movie Review: INSURGENT (!!!)


"That's what happens to people get close to me
They get hurt and die,
and I can't forgive myself." - Tris Prior

Setelah berhasil melumpuhkan usaha Jeanine Matthews yang berlaku sebagai dalang dalam penyerangan ke faksi Abnegation, Tris Prior dan Four melarikan diri ke faksi Amity untuk bersembunyi dari para Dauntless pasukan Jeanine.

Namun, akhirnya Tris dan Four melarikan diri lagi karena Dauntless pasukan Jeanine melakukan 'razia' ke faksi Amity. Mereka berusaha menemukan Tris dan Four dan juga mencari kaum Divergent yang dapat membuka kotak yang berisi pesan dari perndiri negara mereka 200 tahun yang lalu.

Tris dan Four pun mengungsi ke Factionless, dan bertemu ibu kandung Four, Evelyn Eaton yang diyakini sudah mati. Evelyn menginginkan sekutu agar mereka semua dapat menggulingkan Jeanine dari kuasanya. Four jelas-jelas menolak karena ia tahu bahwa yang ibunya inginkan hanyalah balas dendam.

Setelah berkunjung singkat ke Factionless, mereka pun menuju faksi Candor, tempat di mana para Dauntless setia tinggal. Di sanalah rahasia Tris -yang selalu menghantuinya belakangan ini-, terbongkar. 

Sementara itu, Jeanine terus melakukan berbagai upaya untuk mencari seorang Divergent yang tepat yang dapat membuka kotak rahasia tersebut. Ia pun semakin gencar ketika mengetahui bahwa Tris-lah Divergent yang dapat membuka kotak tersebut. Apa yang sebenarnya ada di dalam kotak tersebut? 


Yeayy!! Ini film yang paling gue tunggu-tunggu. Sehari sebelum tayang di sini pun gue udah buat countdown-nya. 24 jam lagi, 23 jam lagi, 22 jam lagi, seterusnya. Ya memang gue gila. Di sekolah pun, gue udah shaking-shaking ga sabar nonton ini HAHAHAHAHA. Jadi maaf ya pak guru dan ibu guru, pelajaranmu ga ada yang masuk ke otakku.

FYI, Insurgent ini dikasih rating Dewasa sama XXI, jadinya kalo nonton harus nunjukkin KTP. Sedihnya gue orang pendek, 2 kali nonton di bioskop yang sama masih dibilang, "Maaf ini film dewasa. Adeknya udah 17 tahun?" Yaelah, mbak ga percaya ama gue mbak. Gue bininya Theo James, mbak.

Kesan-kesan gue setelah nontonnya agak-agak gak terlalu gimana sih. Kalo pas abis nonton Divergent kan gue langsung hype gila-gila gitu. Kalo Insurgent ini gue agak sedikit kecewa. Karena menurut ingatan gue, bukunya tuh ga kayak gini :(( Banyak yang beda. Gue udah nunggu 'wah abis ini abang Four mau bilang gini kann' tapi tiba-tiba ga ada. Kalo Divergent, gue akuin kalo gue lebih suka filmnya ketimbang bukunya. Tapi kalo Insurgent, kayaknya gue lebih suka bukunya deh.



Wae?

Alesan pertama ya karena itu tadi. Alesan kedua, gue merasa kalo artis-aktor yang dibayar tuh kayak sia-sia gitu. Contohnya, Marlene yang munculnya bentaran langsung mati *spoiler*. Uriah dan Lynn pun begitu (ya banyak deh). Pas gue tanya temen-temen gue pun, mereka malah lupa dan gatau mereka namanya siapa. Jadi kayak kurang dapet penyampaian karakternya aja sih (YA APALAH NAMANYA, NGERTIIN SENDIRI YAK). Ujung-ujungnya orang yang ga baca bukunya, ya cuma tau yang itu-itu aja. Kalo di buku kan lebih kompleks.

Ya mungkin karena buku mah bebas ya 500 halaman bisa panjanggg si Roth ceritainnya. Kalo film 2 jem kan ga bisa diutak-atik.

Alesan ketiga, kalo di bukunya kan si Tris ama Four sering banget berantem yak XD, kalo disini enggak masa. Seinget gue, si Tris ama Four beda paham gitu kan. Tris lebih ke bapaknya Four, kalo Four lebih ke emaknya. Endingnya juga agak beda seinget gue, karena ada kotak-kotak rahasia itu.

Alesan keempat, rambutnya Tris jelek, masih cakepan gue nih.

Entah gue yang ga paham atau memang ini filmnya mau dibedain gitu alurnya. Kalo gue salah-salah, maaf ya pak sutradara, mas Four, dan lain-lain.

Ini ngomong-ngomong Allegiant ceritanya mau diapain yak kalo endingnya Insurgent begini.

Tapi tenanglah sodara-sodara, ini film masih cakep nan apik. Apalagi masih ada mas Theo James a.k.a Abang Four. Mata cewek-cewek langsung sejahtera lah ngeliat die. 

Hai, Jessica sayang.
Hai juga abang tampan dan macho tiada tara.

Tapi di Insurgent ini, si Peter makin muncul aje ye. Tiap muncul jadi bahan ketawaan satu bioskop pulakk. Padahal kan die antagonis. Ya pokoknye die jadi penghibur di film ini deh. Bagus sih, eneg kan kalo nonton 2 jem serius semua.

Rencananya, gue mau nonton IMAX 3D abis berasa ada yang kurang gitu, masalahnye efek-efek animasi (TERSERAHLAH APA NAMANYA, MANA AKIK TAU) nye film ini tuh banyak yang cakep-cakep jadi kalo ga nonton 3D ga nampol. Lumayan juga kan nonton 3D gratis mandangin otot-ototnye Theo James.

MAU COBAK GANGGUIN LAKI GUE LU, JEERRRR??!!!! - Tris

Pffftt, tujuan awal gue mau ngereview ini film jadi terbelok ke fangirling abang Four. 

Ini trailer Insurgent :


Ya pokoknye walaupun agak beda dari bukunye, ini film masih cakep lahh. Apalagi kalo lu nonton tapi ga baca bukunye. Jadi ga terlalu masalah dan ga bakal rempong kayak gue. 

3.5/5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[C-Drama] Well-Intended Love Season 1 & 2 REVIEW

Taiwan Drama - Kabut Cinta (Romance in The Rain)

[C-Drama] REVIEW The Love Equations a.k.a The Sweet Love Story