Baca Buku Gratis di iPusnas!

HELLOWWW SODARA-SODARA!

Akhirnya aku balik ke sini lagiiii. Ide tulisan sih banyak, BANYAK BANGET mulai dari review film, drama korea - china, galau-galauan, sampe skincare. Tapi ya gitu, gue nih anaknya mageran banget aseeeelliii. Makanya semuanya pun berakhir menjadi...

Hasil gambar untuk wacana forever

Namun sudah saatnya aku mengakhiri aksi kemageranku, yaitu dengan membahas sebuah aplikasi yang membantu masyarakat miskin nan pelit namun suka baca seperti aku. Aplikasi ini namanya iPusnas.

iPusnas ini perpustakaan digital yang disediain Perpustakaan Nasional. Jadi tuh, kita download aja aplikasinya di Google Play Store atau Appstore. Setelah registrasi, udah deh, langsung terbentang RIBUAN BUKU yang bisa kita pinjem GRATIIIIISSSSSSSSS. Gue ulang sekali lagi...

GRATIS COY!
dan LEGAL!

Kategori buku di iPusnas ini banyak banget, mulai dari: agama, biografi, bisnis, buku sekolah, hukum, desain, NOVEL, dan masih banyak lagi bisa lu cek sendiri di aplikasinya.


Tampilan pertama, registrasi atau login dulu kalau mau pinjem buku. Yang dibutuhin buat registrasi cuma alamat e-mail deh kalo ga salah. Standar-standar kita buat akun di toko online ajaa.


Nah, langsung deh 'ngejembreng' ribuan judul buku yang bisa lu pilih atau bisa juga lo search judul buku yang lu mau (klik kanan atas). Sebagai contoh, gue pilih 1 novel buat dipinjem.


Ini contoh buku yang mau gue pinjem ya (MEN, INI BAGUS BENER NOVELNYA, SUMPAH. GUE TIDAK BOHONG). Tinggal klik 'Pinjam', terus keluar kotak dialog Konfirmasi Peminjaman (klik Ya), dan otomatis akan kedownload sendiri. Mudah bukan?


Dan inilah tampilan buku yang udah lo pinjem. Mindahin halamannya bisa digeser ke samping atau ditarik ke atas-bawah. Ada pilihannya, sesuain sama keinginan lu aja, okey?

Selanjutnyaaa, ini adalah tampilan 'Rak Buku' lu. Ada tiga bagian: Pinjaman Buku (daftar buku yang sedang lu pinjem), Antrian Buku (daftar buku yang kepengen lu pinjem, tapi lagi kosong stoknya dan lu harus antri giliran), dan Riwayat Peminjaman (daftar buku yang pernah lu pinjem).


Oh iya, lama peminjaman 1 buku itu kalo ga salah 3 hari. Jadi kalo lu belum kelar baca dalam waktu 3 hari itu, otomatis buku akan kehapus sendiri dari Daftar Pinjaman Buku lu (bisa lu pinjem ulang kok, tenang). Tapi kalo misalnya dalem 1 hari buku itu sudah selesai lu baca, tinggal klik Kembalikan Buku (itu pilihannya ada di bagian Info Buku).

Sistemnya sama kayak perpustakaan biasa aja gitu pokoknya. Asiklah.

Sekarang gue mau bahas kekurangan iPusnas (udah dikasih gratis, masih komplen, tapi gimana yha ini tuh penting).

Pertama, aplikasinya masih lemot-lemot aneh gitu (apa bahasanya? bug? apalah ga ngerti, bukan anak IT monmaap), enggak bisa nyari buku dari nama pengarang & sering ke-scroll berulang-ulang judul yang sama. Semoga cepet diperbaikin sih yaa.

Kedua, ini akan terdengar sangat tidak tau diri sih, tapi koleksi novelnya (yang gue bahas novel aja ya, soalnya ini doang wilayah kekuasaan gue yang lainnya ga tau) 'hanya' terbitan Kelompok Gramedia & Mizan aja sepertinya. Itu pun untuk buku-buku yang terbit 6 bulan - 1 tahun lalu. Jadi kalo misalnya lu mau minjem novel yang baru terbit minggu lalu, ya pasti belum ada di iPusnas. Makanya kalo bener-bener ngebet kepengen novelnya cepet, solusinya cuma beli di Gramedia :D

Kedua kekurangan ini menurut gue SANGAT SANGAT WAJAR sih yaaa. Soalnya juga gratis gituuu, pasti ada kurangnya. Kalo ga mau kurang, modal cuy ke Gramedia. Tapi sejak pake iPusnas ini gue jadi lebih seneng baca e-book X'D. Kayak lebih ringkes dan bisa dibawa ke mana-mana. Sambil gelantungan di busway pun bisa baca bukuuu #sobatbusway #buswaykpmelayugrogolkokdikitseh #pegelnungguakutuh

Oh ya, selain iPusnas masih ada aplikasi serupa, contohnya: iJak, iJogja, dan lain sebagainya. Cara pake aplikasinya sama persis sih (gue juga pake iJak!). Tapi memang koleksinya masih banyak & lengkapan di iPusnas sih.

Sepertinya segitu saja review iPusnas ini. SILAHKAN DIDONLOT GUYS. DEMI HIDUP YANG LEBIH HEMAT.

Wassalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[C-Drama] Well-Intended Love Season 1 & 2 REVIEW

Taiwan Drama - Kabut Cinta (Romance in The Rain)

[C-Drama] REVIEW The Love Equations a.k.a The Sweet Love Story