[C-Drama] The Romance of Tiger and Rose REVIEW



Haaaiiii!

Postingan kali ini akan berisi REVIEW singkat dari drama China 'The Romance of Tiger and Rose'. Ini adalah drama kolosal China pertama kali yang gue tonton dan ternyata BAGUS.

'Sebagus itu guys, maw nangisss' 
ala selebgram

Oh iya, drama ini bisa ditonton di WeTV, ketik aja judul di atas atau bisa juga 'Rumor Putri Ketiga'. Episode-nya ga banyak untuk ukuran drama kolosal, cuma 24 episode.

Dan (lagi-lagi untuk ukuran drama kolosal) drama ini GAMPANG banget buat ditontonnya. Jalan ceritanya runtut, singkat, jelas, dan karakternya ga terlalu banyak (trus namanya gampang diinget) ;)

Sekian pendahuluannya, sekarang kita mulai bahas ceritanya. You bisa lihat relationship chart di bawah ini dulu.

ini gue gak translate soalnya gak bisa bahasa mandarin., jadinya terjemahannya sesuai dengan yang gue tonton aja ya

Chen Xiao Qian seorang penulis naskah drama. Naskah yang dibuat berlatarkan di sebuah kerajaan (kota) namanya Huayuan. Di Huayuan, perempuan yang memimpin sedangkan laki-laki pokoknya 'di dapur aja'.

Selain Huayuan, ada kerajaan lain namanya Xuanhu. Kebalikan dari Huayuan, di sini laki-laki yang memimpin sedangkan perempuan 'di dapur aja'.

Kedua kota ini pokoknya berselisih. Sering perang lah intinya mah. Dari perang terakhir, Xuanhu kalah dan dari perjanjian, Xuanhu harus ngirim putra mahkotanya, Han Shuo (gambar pisang) ke Huayuan.

Han Shuo dari Xuanhu

Sebenernya kedatengan Han Shuo ke Huayuan bukan murni cuma nepatin janji itu, dia punya niat jahat ke Huayuan. Han Shuo ini punya penyakit jantung dan diramal umurnya cuma sampe 20 tahun doang. Satu-satunya yang bisa nyembuhin dia cuma Tulang Naga (harta Kota Huayuan).

Disusunlah rencana mateng-mateng sama Han Shuo buat ngerebut Tulang Naga. Dalem rencananya, Han Shuo ini mau ngedeketin Putri Kedua (Chen Chu Chu; gambar apel). Chen Chu Chu ini udah digembar-gemborkan sebagai penerus Penguasa Kota Huayuan, soalnya ini cewek pinter dan ilmu bela dirinya jago, bahkan sekarang jadi Komandan Militer Kota Huayuan.

Chen Chu Chu (Putri Kedua) dari Huayuan

TAPIIII, waktu di jalan, Han Shuo malah ketemu sama Putri Ketiga (Chen Qian Qian, gambar jeruk). Chen Qian Qian ini reputasinya buruk, anak bandel, pokoknya rakyat juga sebel lah sama dia. Chen Qian Qian malah maksa Han Shuo untuk jadi suaminya. Padahal sebenernya yang mau dijodohin sama Han Shuo adalah si Putri Kedua.

Chen Qian Qian (Putri Ketiga) dari Huayuan

Han Shuo pun puter otak. Dia bakal ngebunuh si Putri Ketiga, sehingga rencananya bisa balik seperti semula.

Sampe sini, berhenti dulu.
Perlu diinget, semua cerita dan tindakan semua karakter di atas masih sesuai cerita Chen Xiao Qian ya.

Karena setelah ini, Chen Xiao Qian secara tiba-tiba masuk ke dalam cerita buatannya sendiri dan dia berperan jadi Chen Qian Qian, si Putri Ketiga yang bakal diracunin sama Han Shuo, si male lead dalam ceritanya.

Mau ga mau, Chen Xiao Qian yang sekarang jadi Chen Qian Qian harus berusaha bertahan hidup di tengah gempuran rencana jahat Han Shuo, sekaligus mempertahankan cerita supaya berakhir sesuai dengan ending yang dia rancang.

Gimana tuh ending yang dirancang Chen Xiao Qian????

Dalam cerita yang dirancang Chen Xiao Qian: Han Shuo akhirnya berhasil nguasain Kota Huayuan, tapi karena dia jatuh cinta sama Chen Chu Chu, dia malah nawarin Chen Chu Chu jadi permaisurinya. Chen Chu Chu yang dendam sama Han Shuo memutuskan buat kabur, ngumpulin kekuatan, dan akhirnya berhasil ngebunuh Han Shuo, plus jadi Penguasa Kota Huayuan.

Jadi udah jelas ya misi Chen Xiao Qian ini:
  1. Dia mau bertahan hidup.
  2. Dia juga mau Han Shuo deket sama Chen Chu Chu (soalnya walaupun melewati ups-and-downs, ga bisa dipungkiri Chen Chu Chu bisa dapet takhta karena pengaruh Han Shuo, ya kan?)
  3. Dia mau jadiin Chen Chu Chu sebagai penerus Penguasa Kota.
TAPIIII tentu saja cerita berjalan tidak sebagaimana mestinya. Karena sekarang Han Shuo malah sukanya sama Chen Qian Qian, istri yang awalnya pengen dia bunuh.

saling ribut sampe akhirnya saling jatuh cinta

Selain itu, dengan berubahnya sifat Chen Qian Qian (orang-orang kan ga tau dia Chen Xiao Qian), banyak orang yang mulai suka sama dia, mulai dari rakyat kecil, sampe Pei Heng (cowok yang sebenernya mau dijodohin sama Chen Qian Qian; gambar peach).

Hal-hal inilah (dan juga ditambah perlakuan ibunya yang lebih sayang adiknya daripada dia) yang akhirnya ngebuat Chen Chu Chu MARAH dan akhirnya kepengen ngerebut hal-hal yang harusnya milik dia (Han Shuo dan jabatan Penguasa Kota Muda) dari tangan Chen Qian Qian.

Dan dimulailah pertempuran antara Chen Qian Qian & Han Shuo vs Chen Chu Chu yang pengen ngelenyapin adiknya sendiri (atau bisa dibilang, penciptanya).


Sekian, ya, sinopsis ceritanya. Sekarang diriku akan bahas alasan kenapa diriku katakan drama ini BAGUS dan kalian semua harus nonton 👀

SATUUUUU

Gue sukaaaaa banget sama ide ceritanya. PLUS EKSEKUSINYA.

Okelah, ide cerita 'bangun-bangun udah di dunia lain' sama sekali ga baru, contohnya di drama Korea ada Scarlet Heart: Ryeo, Splash-Splash Love, Rooftop Prince, dll. Terus ide cerita 'karakter di cerita ternyata hidup beneran' juga ga baru, contohnya di drama Korea ada W dan juga Extraordinary You, kalo di drama China ada Unexpected.

Dari yang gue sebutin di atas tuh ide ceritanya BAGUS semua, tapi beberapa ada yang eksekusinya ga bagus (walaupun tetep gue suka, tapi emang eksekusinya ga bagus #jadimaunyaapaaaa). Kayak ada yang awal-awal episode cakep, mindblowing, eh..... pas mau akhir kok melempem dan lupa dengan fokus awal?????? (ga akan gue sebut juga judulnya, tapi semoga kamu tahu apa yang aku maksud)

Kalo Lo Bisa Fokus di Situasi yang Rame, Kemungkinan Lo Bisa ...
tidak fokus; seperti saat bertemu denganmu
#apaan

NAH, TROTAR ini menurut gue termasuk yang eksekusinya BAGUS SAMPE AKHIR. Dari awal sampe akhir, fokusnya tetep, ga yang kendor tiba-tiba di tengah jalan. Trus pace ceritanya cepet dan ga draggy sama sekali. Tiap episode permasalahannya baru dan kelar di episode yang sama atau minimal besokannya lah.

Jadi perasaan lo ketika nonton tuh akan begini: 'Duh, ga berasa ya, perasaan kemaren Chen Qian Qian masih ngeributin tulang naga, eh sekarang udah di sini aja.'

Pokoknya dari 15 menit pertama aja pun gue udah merasa 'klik' dan 'jodoh' banget sama ceritanya dan YAKIN seyakin-yakinnya ini drama bakal gue kelarin karena bagus.

DUAAAA

Ini sebenernya masih ada hubungannya sama si nomer satu, yaitu ide cerita ditambah sama setting ceritanya. Gue ga tau ya si penulis drama ini makan apa sampe bisa-bisanya kepikiran bikin drama kolosal fantasi yang ngangkat isu ketidaksetaraan dan diskriminasi antar gender.

Dari awal udah jelaslah ya, setting cerita di sini adalah di dua kota, yang mana di masing-masing kota salah satu gender bener-bener lebih diunggulkan. And as we can see, dua-duanya KAGAK ada yang bener sebenernya.

Kota Huayuan #VisitHuayuan

Masalah ketidaksetaraan dan diskriminasi antar gender ini masih dibahas terus sampe akhir. Terus pas di episode berapa gitu lupa, penulisnya nyisipin 'sindiran' halus yang sangat relatable dan SERING kita temuin di real life. Ini sindirannya:

Jadi di kota Huayuan, ada cowok pake baju yang agak kebuka, TERUS... Ada sekelompok cowok julid yang ngomongin dia di belakang, "IH GILA tuh cowok pake bajunya kebuka banget... Pantes aja dilecehin, BAJUNYA AJA NGUNDANG BANGET GITU."

Aku Marah GIFs - Get the best GIF on GIPHY
💣DARIPADA NGURUSIN BAJU ORANG, MENDING URUSIN AKHLAK LO DULU DAAAH💣

Dan masiiiih banyak contoh-contoh lainnya. Ga di Huayuan, ga di Xuanhu, semua sama aja KAGAK BENERNYA.

Sehingga menurut gue drama ini berhasil banget buat (dikit-dikit) ngajarin orang (termasuk gue juga yang sekali-kali kadang kepleset 😖) buat engga beda-bedain antar gender. [Tapi tetep ya drama ini ngajarinnya dengan cara lucu dan ga menggurui].

SOOOOO, salah satu ((pesan moral)) dari drama ini adalah:

Mau cewek, mau cowok, kalo mereka layak buat ditempatin di suatu posisi dan jabatan, ya sudah, mereka layak dikasih kesempatan.
Cukup di jaman baheula aja, tahun 2020 please ingat semua gender SAMA! 😀

TIGAAAA

Dramanya GAMPANG ditonton! 😆😆😆

Ini udah gue bahas di atas sih, ya. Tapi mau gue ulang lagi aja wkwkwkwk. Jadi semoga orang-orang yang ragu mau nonton dengan dalih 'YAH, KOK KOLOSAL' tetap mau mencoba nonton.

Please gue juga awalnya ngira ini bakalan susah dan 'kok di menit-menit pertama UDAH ADA YANG TERBANG-TERBANG 😆', tapi setelah dicoba lo bakal tau kalo drama ini easy-to-watch karena tiap karakter punya nama yang ga susah-susah banget buat dihafal, terus sifat-sifat dan ciri khasnya bener-bener ketara.

Terus karena ada unsur fantasi dan kerajaan (perebutan tahta, dsb, dsb), ngejadiin drama ini 'PENUH' banget dan ga ada satu episode pun yang kebuang. Jadi yang buat suka bosenan nonton drama yang isinya scene-scene filler, di sini KAGA ADA yang begitu-begituan.

dari menit pertama Chen Qian Qian muncul, ai sudah love sama ini drama!

EMPATTT

Sudahkah gue bilang kalo DRAMA INI LUCU BANGET?!!!!!

Walaupun ini drama sebenernya suka bikin deg-degan hampir sepanjang episode, tapi mereka ga lupa untuk nyisipin scene-scene lucu. Lucunya tuh kayak gini: scene udah yang bikin deg-degan, musiknya juga udah yang kayak mau perang, EHHHH ADA AJA TUH CELETUKAN LUCU. Buyaaaaaaaar semua suasana horor, walaupun nanti sedetik kemudian balik lagi jadi horor.

Nih gue kasih satu contoh:

Ya Allah, malu banget jadi Han Shuo. Gue jadi dia mah udah minta dipulangin ke kampung halaman dah.

Pokoknya nonton sendiri dah biar lebih berasa lucunya. Sampe episode terakhir pun yang harusnya deg-degan berlinang air mata, masiiih aja ada yang lawak.

LIMAAAA

Gue suka dengan semua karakter di sini, walaupun beberapa ada yang jahat, tapi menurut gue, mereka semua punya alasan kenapa bertindak jahat (bukan yang karena iseng-iseng aja mau jahat). Alesan-alesan itu menurut gue bisa dijabarkan dengan baik sama penulisnya, sehingga bisa bikin gue berempati sama yang jahat-jahat.

Salah satu yang mau gue bahas di sini adalah: Chen Chu Chu. [WARNING: ini mungkin akan spoiler, jadi skip aja bagian ini]

Chen Qian Qian - Chen Chu Chu

Mungkin kita, semua penonton, geregetan ya sama Chen Chu Chu, yang kok jahat banget sama adeknya sendiri. [Gue kalo jadi penulis kayak Chen Qian Qian, terus tiba-tiba tokoh utama ciptaan gue idup trus nyusahin hidup gue juga kayaknya langsung gue bikin dia metong dari bagian prolog]

Tapi kalo diinget-inget, sebenernya dia dari awalnya baik. Semua barang kepunyaan dia, dia kasih ke Chen Qian Qian, termasuk cowok yang mau dijodohin sama dia (Han Shuo). Orang-orang di sekitar dia malah gemes, kok dia baik banget sama adeknya yang reputasinya buruk?!

Chen Chu Chu, yang dari awal sering dinasehatin sama orang-orang sekitar dia, malah ngebelain Chen Qian Qian. Dia berusaha ga negative thinking sama adeknya.. Dan ya emang, sebenernya adeknya juga baik kan, kita tahu lah ya. Tapi perlu kita garisbawahi, kita tahu Chen Qian Qian bener-bener pure baik, karena kita penonton yang bisa liat dari semua sudut pandang.

Sedangkan Chen Chu Chu engga. Ketika dia berusaha positive thinking, tapi semua yang terjadi di lapangan malahan yang sebaliknya, akhirnya dia pun jadi berubah.

Perubahan ini ditambah lagi karena sikap emaknya (Penguasa Kota) yang ga adil sama dia dan Chen Qian Qian. Chen Qian Qian dari dulu kan terkenal anak bandel, suka bikin ulah, tapi emaknya ga pernah marah berlebihan; sedangkan Chen Chu Chu dari awal berprestasi, tapi dipuji pun jarang-jarang dan sekalinya bikin kesalahan langsung diomelin 'Gimana sih gini aja ga bisa?!'.


Bisa diliat di episode 7. Chen Chu Chu punya keraguan untuk nyelametin pekerja tambang yang kejebak di gunung, karena dia takut dimarahin emaknya.

Akhirnya Chen Qian Qian yang maju nyelametin pekerja tambang. Dia berani bertindak karena dia nothing to lose, dia ga perlu nyenengin emaknya, dia ga ada cita-cita juga jadi penerus emaknya. Beda sama Chen Chu Chu, yang tiap gerak-gerik diawasin sama emaknya. Buat gue, semua pilihan Chen Chu Chu (at least sampe tahap ini) masih sangat manusiawi kok. 

Gambar

[Karakter dia jadi ngingetin gue sama Wang Wook di Scarlet Heart: Ryeo. Dia milih buat ga ngebela Hae Soo ketika difitnah, karena dia punya kewajiban untuk ngelindungi keluarganya. Sedangkan Wang So, nothing to lose. Dia ga punya orang lain lagi di sampingnya yang harus dilindungin, makanya dia bisa belain Hae Soo mati-matian.]

Walaupun pada akhirnya si Chen Chu Chu kebablasan jahatnya di ending, tapi toh pada akhirnya Chen Qian Qian dan emaknya ga yang marah-marah banget [dan masih ngasih kesempatan buat dia].  Tapi gue harus setuju dengan perkataan Chen Qian Qian, kalo Chen Chu Chu ga punya kualitas seorang female lead (di naskah dramanya), karena ketika dia nemu batu sandungan (yaitu adiknya sendiri), bukannya dia berusaha lewatin, malah mau dia hancurin. Tentu saja itu buruk, tsaaay.

Sekian bahas Chen Chu Chu-nya. Sekarang mau bahas Han Shuo!


GAK JADI AH, GUE CAPEK.

Udah banyak jugalah yang nge-fans Han Shuo. Karena siapa juga yang ga akan jatuh cinta sama laki-laki yang rela ngubah rencana jahatnya karena cinta??????!!!!!!!!!!!!!!!

Ditolak sama Chen Qian Qian berkali-kali pun dia masih berusaha, wowwww (karena kalo aku, tentu saja ku langsung sedih, merana, sakit hati, dan menangys di Inul Vizta terdekat sambil menyanyikan lagu baruuuuu kusadariiiiii cintaku bertepuk sebelah tangaaaaan~).

Salah satu omongan dia yang paling gue inget adalah di episode 16, ketika dia ditanya kenapa dia ga mau nge-bom Kota Huayuan (padahal dia sebelumnya udah ditolak mentah-mentah sama Chen Qian Qian, mana diremehin sama emaknya Chen Qian Qian juga). Padahal secara logika, ketika dia bisa nguasain Kota Huayuan, dia bisa nguasain Chen Qian Qian. 

Tapi kata dia gini: 

"Ditolak Chen Qian Qian berpuluh-puluh atau beratus-ratus kali, aku masih bisa berusaha. Tapi kalau sampe ngehancurin rakyat dan kotanya Chen Qian Qian atau ngebunuh emaknya, Chen Qian Qian ga mungkin akan memaafkanku."

22 Pictures Only Fangirls Will Understand (With images) | Cute ...

HAN SHUO SAYANG, I'M SOLDDDDDDDDDDDD💕💕💕

Bener-bener #bucinislyfeeeeee~

Ya Allah gue BAPER lagi
*pegangan* *pada tiang agama*

Oke, kayaknya sekian aja alasan kenapa gue suka sekali drama ini, ya.

Sekarang gue mau bahas SATU yang gue SEDIKIT kurang puas dari drama ini. Tapi ini bener-bener murni SELERA pribadi gue aja. Jadi bisa aja kalian merasa fine-fine aja and that's totally OK, karena ini hanya preferensi pribadi.

[WARNING: bagian ini akan spoiler bangetjadi sudahi saja membacanya yaaa bagi yang belum nonton!]

❌❌❌

Yang gue sedikit kurang puas dari drama ini adalah ending-nya. Ending yang gue maksud ini bukan cerita di Kota Huayuan dan Xuanhu-nya loh ya (karena buat gue konflik kerajaan mereka udah terselesaikan dengan baik banget!), melainkan AKHIR CERITA CHEN XIAO QIAN - HAN SHUO.

Kita bisa liat kalo Han Shuo ketusuk pedang Chen Chu Chu dan akhirnya sekarat (mati). Sedangkan Chen Xiao Qian balik ke dunianya. Semua kejadian yang dia alamin itu ternyata MIMPI.

Lalu dia dapet kabar kalo aktor yang mau bintangin drama dari naskahnya dia kecelakaan dan punya luka di paru-parunya (sama kayak alesan kematian Han Shuo).

Skip skip skip, Chen Xiao Qian langsung datengin Han Xin Ming (nama orang yang mirip Han Shuo di real life). Han Xin Ming ga ngenalin Chen Xiao Qian itu istrinya (Chen Qian Qian) di dalem cerita.

Nah, tapiiiii... Han Xin Ming tiba-tiba manggil Chen Xiao Qian jeruk (panggilan di jaman kerajaan) dan akhirnya dia bilang kalo dia mimpi panjang kejadian-kejadian di kerajaan itu (intinya dia punya ingetan Han Shuo).


NAAAAHHHH... Yang jadi pertanyaannya adalaaaahhh...

Apakah itu: Han Shuo sekarang ke dunia nyata ataaauuuu Han Xin Ming yang punya ingatan Han Shuo? Atau sebenernya dari awal Han Xin Ming itu masuk juga ke dalam cerita dan jadi Han Shuo????? 

Bingung ga sih lo? Tapi mari kita bahas yaa:

JIKALAU itu Han Shuo yang ke dunia nyata, kenapa dia awalnya ga inget sama Chen Xiao Qian?

Nah, kemarin gue banyak baca pendapat penonton lain, menurut mereka sebenernya Han Xin Ming itu dari awal adalah Han Shuo (makanya di awal episode dia ngotot mau ketemu penulis dramanya yaitu Chen Xiao Qian), tapi bagi gue itu agak gak make sense, karena dia kok ga ngenalin Xiao Qian?????? Ga mungkin juga dia pura-pura lupa, karena di dalem cerita kisah mereka itungannya berakhir tragis lah ya, Han Shuo mati dan Chen Qian Qian pergi. Logikanya, setelah berpisah dengan tragis gitu, boro-boro Han Shuo mau pura-pura ngerjain Chen Qian Qian. Ketemu pun langsung mau peluk lah. Jadi ide ini menurut gue salah. 

Terus ada teori lain juga, intinya masih sama: Han Xin Ming itu dari awal adalah Han Shuo (jadi dia masuk ke cerita juga kayak Qian Qian). Nah ini bisa dipatahin juga dengan: di malam pernikahan mereka kenapa Han Xin Ming ga ngenalin Chen Xiao Qian? Soalnya, sebelumnya, di dunia nyata mereka sempet ketemu kan. Chen Xiao Qian aja inget mukanya dia, kenapa Han Xin Ming di dalem cerita ga inget mukanya dia? Jadi ide Han Xin Ming masuk ke dalem cerita juga (sama kayak Chen Xiao Qian) menurut gue salah.

Episode 1: Han Xin Ming sama Chen Xiao Qian udah ketemu, tapi berantem

Sekarang adalah interpretasi gue mengenai ending-nya ya. Menurut gue cowok di rumah sakit yang abis kecelakaan itu adalah Han Xin Ming yang asli, tapi dia punya ingatan Han Shuo. Agak ga masuk akal. Iya emang. Tapi gue nganggepnya itu sebagai pemberian/ gift dari Tuhan. Han Shuo kan di jamannya termasuk orang baik, tapi mati dan ninggalin istrinya, makanya sebagai gantinya, ditanemlah ingetan dia ke seorang cowok di dunia nyata. Cowok itu yang Han Xin Ming. Jadi Han Shuo itu sebenernya ya mati dan akhirnya Chen Xiao Qian jadinya sama Han Xin Ming. ✔

Episode terakhir: SIAPAKAH COWOK INI SEBENERNYA?

Tapi itu semua cuma pendapat gue ya. KARENA PENONTONNYA JUGA GATAU ENDING YANG BENER YANG MANAAAA HUHUHUHUHUHU #sediiihhh. Makanya menurut gue ending-nya agak kurang, coba ditambahin 5 - 10 menit biar kesannya ga keburu-buru banget.

Jujur, gue juga sebenernya SANGAT ngarepin kalo itu Han Shuo. Soalnya gimana ya, bagi gue, yang dari awal berjuang keras itu Han Shuo loh. Jadi gue rada kaga ikhlas gitu, ibaratnya berjuangnya sama siapa, jadinya sama siapa. Bodo amat mau muka mirip juga, KAN ORANGNYA BEDA. Mau dikata reikarnasi juga.

Eh, terus, satu lagi. Ini gue agak bingung. Receh sih, tapi setelah Chen Xiao Qian balik ke dunia nyata, apakah kehidupan Huayuan dan Xuanhu tetep jalan kayak biasa? Soalnya Penguasa Kota kan sekarang Chen Xiao Qian (setelah Chu Chu tidak qualified), tapi kan dianya balik ke dunia nyata. Jadinya gimana dah tuh? Apa setelah dia balik, cerita stop sampai di situ (kayak komik Secret selesai jadi ceritanya stop [di drama Extraordinary You])?

Jadi, yah gitu aja sih. Semua teori ending ini akhirnya terserah penontonnya aja. Kalo lo-lo pada punya teori, please share juga ke sini biar kita bisa (((berdiskusi))) 🙇.

Lagunya bener-bener kolosal banget, pengen gue speaker-in di rumah rasanya

Ya jadinya begitu saja ya pemirsa. Gue nulis ini 3 hari kaga kelar-kelar, janjinya pendek eh ketik-ketik-ketik akhirnya kelar segini. Akhir kata, semoga kita semua selalu diberkahi kesehatan dan keselamatan. Dan jangan sampai kita bangun-bangun udah di kerajaan lain, soalnya...

RUWET

Byeeee~ Sampai jumpa di drama-drama selanjutnya!

pic dari: sini dan sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[C-Drama] Well-Intended Love Season 1 & 2 REVIEW

Taiwan Drama - Kabut Cinta (Romance in The Rain)

[C-Drama] REVIEW The Love Equations a.k.a The Sweet Love Story