[K-Drama] Doctor Stranger (닥터 이방인)

Cast: Lee Jong-suk, Park Hae-jin, Jin Se-yeon, Kang So-ra, dll
Genre: Medical, Romance, Political, Action, Melodrama
Episodes: 20

---

*) THIS REVIEW MAY CONTAIN SPOILERS

Gue mau bilang.. Kalo engga karena Lee Jong-suk sama Park Hae-jin, gue engga bakal nonton Doctor Stranger ini. Pertama, karena ini melodrama yang bikin deg-degan (penjahatnya banyak pula). Kedua, ini tentang kedokteran. NGILU ENGGA SIH LU NGELIAT LEE JONG-SUK AMA PARK HAE-JIN NGOBOK-NGOBOK JANTUNG ORANG?!

(((NGOBOK-NGOBOK)))

Ya, gapapalah, sekali-kali pengalaman.. Kapan lagi bisa liat dokter-dokter ganteng kalo bukan di drakor #OppaTampanJunjunganku.


LALU APA YANG SAYA RASAKAN SETELAH NONTON SEMUA EPISODENYA?!

Hmm.. Dibilang bakal jadi drama favorit sepanjang masa sih kayaknya engga yah, tapi ini drama jelas ngelebihin ekspektasi gue, karena bisa ngubek-ngubek emosi :')

NGUBEK-NGUBEK EMOSI GIMANA?

Entar gue bahas belakangan.. Sinopsisnya dulu ya, sodara-sodaraku. Oh ya, mungkin sinopsis ini bakal spoiler. Jadi kalo yang belom nonton, mending ga usah baca :D

PARK HOON (Lee Jong-suk)

Park Hoon dan ayahnya, Park Chul (yang merupakan seorang dokter ahli jantung terkenal) adalah orang Korea Selatan yang tinggal di Korea Utara karena 'dijebak' oleh sekumpulan bapak-bapak jahat (Perdana Menteri Jang sama Direktur Oh).

Park Hoon dididik jadi dokter jenius kayak bapaknya. Dia punya pacar, namanya Song Jae-hee (Jin Se-yeon). Suatu hari, Jae-hee sama keluarganya ditangkap karena bapaknya anggota partai komunis gitu.

sumber: pizplay.com

Sampe lima tahun kemudian, Park Hoon (yang sekarang udah jadi dokter jenius di Korut) masih berusaha nyariin Jae-hee. Suatu saat, Park Hoon berhasil nemuin Jae-hee tapi keadaannya sekarat. Terus, bapaknya Park Hoon yang kepengen anaknya bisa bebas dari Korea Utara pun ngerelain diri buat mati (karena mereka kan ga mungkin kabur dari Korut berduaan, tapi Park Hoon juga kan ga mungkin tega ninggalin bapaknya sendirian di Korut).

Sesuai rencana, Park Hoon sama Jae-hee yang udah dioperasi, kabur. Tapi, ketauan. Jae-hee jatoh ke sungai, sementara Park Hoon berhasil balik ke Korea Selatan.

Dua tahun kemudian, Park Hoon denger kabar kalo Jae-hee masih hidup tapi ditawan Korea Utara. Buat ngeluarin Jae-hee di Korea Utara, dia perlu uang banyak. Jadi pas ditawarin buat jadi dokter di RS Myung Woo dengan bayaran tinggi, Park Hoon langsung nerima.

Dan ternyata, di RS Myung Woo, ada dokter berwajah mirip Jae-hee bernama Han Seung-hee.

sumber: koreandrama.com

HAN JAE-JOON (Park Hae-jin)

Han Jae-joon adalah dokter ahli bedah jantung sukses di RS Myung Woo. Jae-joon ini berambisi untuk ngehancurin RS Myung Woo karena 20 tahun yang lalu, bapaknya meninggal karena malpraktek di RS Myung Woo dan ga ada pertanggungjawaban atau permohonan maaf dari Direktur Oh, pemilik rumah sakit itu.


Buat mencapai tujuannya, Jae-joon pacaran sama Oh Soo-hyun, anak ilegal Direktur Oh. Dan kadang Jae-joon pake cara curang buat ngeraih jabatan tinggi di RS.

Tapi, posisinya mulai terancam waktu Park Hoon mulai jadi dokter di RS Myung Woo. Ditambah lagi... Soo-hyun naksir sama Park Hoon yang baek dan lucu (padahal Jae-joon udah jatuh cinta beneran sama Soo-hyun).

Permusuhan Jae-joon sama Park Hoon pun makin rumit waktu Jae-joon salah paham ngira bapaknya Park Hoon engga mau nolongin dia dan emaknya 20 tahun lalu, yang ngakibatin emaknya meninggal.

---

Kalo dari sinopsis yang gue jabarin di atas, lo pasti ngira Han Jae-joon itu penjahatnya. Tapi gue saranin, lo ga usah benci sama Han Jae-joon, KARENA PENJAHAT YANG LEBIH JAHAT DARI DIA DI SINI BANYAK BANGET. Jangan nambah-nambah list penjahat lagi. Makin kenyang aje lo, gaes... 

TRIO JAHAT *sepak*

Yah memang di beberapa bagian, tindakan Han Jae-joon kurang acceptable, tapi kalo lo rangkum secara keseluruhan, dia ini jahatnya masih manusiawi. Logikanya aja gaes, siapa sih yang ga dendam nyaksiin bapak-emak lo mati tapi ga ada yang mau tanggung jawab..

ALAH BILANG AJE LO NGEBELAIN HAN JAE-JOON KARENA PEMERANNYE PARK HAE-JIN KAN! *ditendang*

Iya sih.. Yah gimana.. Park Hae-jin hot banget sih jadi dokter.. *sekali lagi ditendang*

Yoojung Sunbae!! #Ter-CheeseInTheTrap-Banget

YAH WALOPUN DOKTERNYA GANTENG, GUE TETEP GA MAU SAKIT SAMPE DIKOBOK-KOBOK SIH JANTUNGNYA. ENGGA, MAKASIH, GUE MENDING SEHAT LAHIR BATIN...

Udah, cukup, fangirling-annya.

Oh ya, tadi kan gue bilang Doctor Stranger ini ngubek-ngubek emosi banget ya. Ngubek-ngubek emosinya dibagi jadi 2 bagian sih: yang bikin jengkel sama yang bikin hepi / terharu.

YANG BIKIN JENGKEL :

1) Park Hoon - Jae-hee's Love Story. Errr..


FYI ajah, gue sukaaaa banget sama drama yang cowoknya cinta mati pol-polan sama ceweknya. Di Doctor Stranger ini, cinta matinya Park Hoon ke Jae-hee ini rada-rada annoying.. Bikin males.. Ga bisa bikin gue ngertiin mereka.. Beberapa kali gara-gara Park Hoon kepengen ngelindungin Jae-hee, dia bertindak gegabah dan ngeselin.. Dia hampir sering nelantarin pasien demi Jae-hee.

Kalo misalnya, di I Hear Your Voice, Park Soo-ha ngelindungin Jang Hye-sung itu kan gue ngerti banget ya, karena Soo-ha 'hutang nyawa' ke Hye-sung. Tapi di sini kan engga begitu... 

Kayak di ep. 9, Park Hoon hampir ga operasi pasiennya gara-gara mau kabur nolongin Jae-hee. Untung ditahan Soo-hyun..
Terus di ep 12, Park Hoon ga mau operasi pasien (lagi) gara-gara diancem Cha Jin-soo yang mau ngelukain Jae-hee. Untung ada Han Jae-joon yang ngalah.. Terus Park Hoon-nya berubah pikiran juga..

Padahal pasiennya kasian-kasian semua, gue agak ga habis pikir aja gitu loh... Mungkin kalo misalnya Park Hoon diancem 'EMAK BAPAK LO GUE BUNUH YE KALO LO OPERASI PASIEN', gue ngerti ya, kan orang tua gitu loh, keluarga.. Tapi ini pacar.. Kalo pacarnya berperan besar dalam hidup lo kayak Jang Hye-sung, mungkin gue bisa ngerti.. tapi ini..

YA KISAH CINTA MEREKA NDAK ACCEPTABLE POKOKNYA! *GEBRAK MEJA*

Untungnya di akhir Park Hoon KEMBALI KE JALAN YANG BENAR *SUJUD SYUKUR* Dia bahkan ngoperasi orang yang udah jahat sama dia. Dia udah jadi dokter yang sesungguhnya...

2) RIP HUMANITY


Gue tau ini cuma drama.. Tapi kompetisi antar dokter di rumah sakit itu beneran ada ga sih? Kalo menurut gue kompetisi antar dokter di RS agak-agak ngeri ya..

Beberapa kali di drama ini ada kompetisi.. dan semuanya agak membahayakan nyawa pasien... Kayak pas di eps berapa, Direktur Oh nyuruh anak buahnya Park Hoon berbuat salah di operasi biar Park Hoon ga menang, dan pernah pas Park Hoon kekurangan anak buah, Han Jae-joon malah nyodorin dokter yang rada oon buat Park Hoon.

Woaahhh, bung, nyawa orang itu bukan buat maen-maen. Itu lo jahatin Park Hoon, yang jenius dan bisa ngendaliin keadaan, coba lo jahatin dokter oon yang cepet panik, bisa-bisa orang keburu mati... Orang-orang yang ga tau apa-apa mercayain nyawa anak / ibu / bapak, dll ke tangan elo, tapi kok elo begitu amat... 

Terus ada di episode berapa, timnya Han Jae-joon salah operasi anak bayi dan atasannya Park Hoon seneng sampe teriak-teriak HORE. Laiyk seriouslyyy..

Elo mungkin seneng menang kompetisi, tapi elo GA TAU emaknya itu bayi mungkin lagi panik nangis-nangis gara-gara anaknya sakit.

Jadi... kalo ada yang baca review ini dan kebetulan lo adalah dokter RS, manajer RS, atau direktur RS (yah sebenernya direktur RS ngapain baca blog ginian), yang kompetisi kayak beginian jangan ditiru deh karena tindakan kecurangan mungkin aja bakal ada. Semoga ya ga ada kejadian-kejadian 'RIP HUMANITY' kayak gini di rumah sakit.

YANG BIKIN HEPI-SPEECHLESS-MAU-NANGIS :

1) EPISODE 8.
 

Yang ini bikin hepi sih. Pas Park Hoon ngajarin Oh Soo-hyun, cara ngajarnya itu looooh, kereeenn. Udah romantis-romantis gitu, eh, Jae-hee sama Han Jae-joon ga sengaja liat dong #JEGER. MAMPUS HATI KAU DIKOYAK-KOYAK JAE-HEE!

Lantas, apakah gue #TeamQuackCouple? Not really. Gue tetep pengen mereka balik ke pasangan masing-masing sih. Soo-hyun sama Jae-joon (Jae-joon kan suka beneran sama dia, kasian) terus Park Hoon sama Jae-hee (HUBUNGAN MEREKA UDAH ALAY NGEREPOTIN jauh gitu, masa kagak jadi seh?)

2) EPISODE 12 (SARANGHAE, HAN JAE-JOON!)

Part ini adalah part favorit gue banget di Doctor Stranger! Bahkan kalo ada daftar 10 momen Drama Korea terbaik buat gue, percayalah, ini masuk salah satunya.

Jadi kan, Park Hoon - Han Jae-joon ini kan lagi ada kompetisi. Puteran pertama dimenangin Park Hoon. Nah, yang sekarang ini puteran kedua. Pemenang puteran kedua ini ditentuin dari: YANG ENGGA OPERASI PASIEN YANG SATU INI, DIA YANG MENANG.

Awalnya Han Jae-joon ga mau dong karena dia kepengen menang (terus bisa nguasain RS Myung Woo), jadi Park Hoon yang maju (toh dia mikir kalo dia kalah, skornya masih imbang). Tapi Cha Jin-soo (musuh Park Hoon dari Korea U.) ngancem Park Hoon, dia harus menangin kompetisi ini mutlak atau Jae-hee diabisin sama dia. Dan... Park Hoon mundur... Padahal dia udah janji loh sama anaknya pasien itu buat ngoperasi ibunya.

Nah, Han Jae-joon yang pernah ngobrol sama anaknya pasien itu, ngerasa kalo dia mirip sama anak itu 20 tahun yang lalu pas mohon-mohon buat nyelametin bapaknya. Pas tau Park Hoon batal operasi, jelas dia MURKA.


"Kau bilang kau akan melakukan operasi... Kau masih punya 1 kesempatan lagi... Kau harus menepati janji pada pasien... Dulu, kupikir kau adalah dokter. Kupikir kau berbeda dariku." - Han Jae Joon.

Jadilah Han Jae-joon yang maju dan ngeyakinin anak buahnya kalo misalnya ada apa-apa dia yang bakal tanggung jawab. Sementara Park Hoon gundah gulana.

Pas ini gue pengen noyor-noyor kepala Park Hoon sih ya, sambil bilang, "Liat aja, Han Jae-joon yang punya dendam keluarga masih rela buat kalah dan keilangan kesempatan bales dendam, sedangkan elu, cuma mau nyelametin pacar, sampe segitunya... Your love story isn't sweet, it's ueeerrggghhh..."


Tau Han Jae-Joon yang bakal operasi, Direktur Oh ngamuk dong. Anak buahnya Han Jae-joon langsung pada panik dan takut. Sampe ada yang salah pas operasinya pula.

Untungnya Park Hoon dateng. Dia berubah pikiran dan akhirnya ngebantuin dan nyemangatin dokter-dokter itu.

"Kenapa kalian berwajah bersalah begitu? Kalian tak melakukan kesalahan apapun. Angkat kepala kalian! Mereka yang di ataslah yang harusnya malu... Jadi, percaya dirilah... Hanya kalian yang dokter sesungguhnya di sini." - Park Hoon.


Gue tonton udah berulang-ulang dan masih terus kepengen mewek. Ya ampun. Dokter-dokter yang begini keren banget! :'D

Gue mau banget sebel sama Han Jae-joon (yang jahat sama Park Hoon di episode selanjutnya), tapi pas gue inget episode ini, gue jadi ga bisa sebel. Sama kayak waktu tau Min Joon-guk jahat karena keluarganya ancur gara-gara bapaknya Soo-ha di IHYV. Alesan mereka jadi jahat itu acceptable banget sih.

Yah harus diakui, mungkin (MUNGKIN YA MUNGKIN) karena Park Hae-jin yang meranin Han Jae-joon sih makanya gue ga bisa sebel #YooJungSunbaeKaulahJunjunganku!

Hmm... terus ngomongin apa lagi ya... Lupa.

Oh iya, Kang So-ra yang jadi Oh Soo-hyun lovable banget di Doctor Stranger ini. Second female lead yang juwara! Kalo biasanya peran cewek kedua suka jahat dan annoying, ini dia malah strong dan baek.


Soundtracknya ada yang kayak lagu... serial kolosal (?)... yang biasa gue nyanyiin dengan lirik syonggg-syonggg-syonggg gitu deh wk. Yang menurut gue asik ada beberapa, tapi yang paling gue sering ulang-ulang ini:


Udahlah itu aja... Bagi yang mau cari drama yang bikin emosi dan agak jantungan, serta penuh dengan pemeran utama cowok-cowok yang sayang-able, Doctor Stranger ini patut dicoba. Dari episode 1 pun udah seru abis.

Salam.

4 / 5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[C-Drama] Well-Intended Love Season 1 & 2 REVIEW

Taiwan Drama - Kabut Cinta (Romance in The Rain)

[C-Drama] REVIEW The Love Equations a.k.a The Sweet Love Story