Book Review: You Are the Apple of My Eye - Giddens Ko


Judul : You Are the Apple of My Eye
Penulis : Giddens Ko
Penerbit : PenerbitHaru
Tebal : 350 halaman
Harga : Rp 53.550,- (available at owlbookstore.co.id)

Sinopsis:

Kau sangat kekanak-kanakan – Shen Jiayi
Sedikit pun kau tidak berubah, nenek yang keras kepala – Ke Jingteng

Semua berawal saat Ke Jingteng, seorang siswa pembuat onar, dipindahkan untuk duduk di depan Shen Jiayi, supaya gadis murid teladan itu bisa mengawasinya. Ke Jingteng merasa Shen Jiayi sangat membosankan seperti ibu-ibu, juga menyebalkan. Apalagi, gadis itu selalu suka menusuk punggungnya saat ia ingin tidur di kelas dengan pulpen hingga baju seragamnya jadi penuh bercak tinta. Namun, perlahan Ke Jingteng menyadari, kalau Shen Jiayi adalah seorang gadis yang sangat spesial untuknya.

Karena masa mudaku, semua adalah tentangmu...

Cuap-Cuap:

YATAoME ini menceritakan seorang murid SMP (di film sih SMA) bandel dan bodoh bernama Ke Jingteng (Ko Ching-teng). Karena gurunya udah capek hati, dia dipindahkan duduknya di depan seorang gadis pintar dan cantik bernama Shen Jiayi (Shen Chia-yi). Shen Jiayi ini selalu mengatakan Ke Jingteng adalah seorang yang kekanak-kanakan. Tak hanya itu Shen Jiayi mulai memintanya untuk terus belajar. Ke Jingteng yang awalnya ogah-ogahan akhirnya menurut. Akhirnya nilau Ke Jingteng pun mulai meningkat.

Sedikit ada perbedaan dari film, Ke Jingteng yang mulai menyukai Shen Jiayi malah menyukai gadis lain bernama Li Xiaohua. Tapi hubungan tersebut putus di tengah jalan karena Li Xiaohua yang merasa tidak enak pada teman-temannya karena ia lebih sering menghabiskan waktunya bersama Ke Jingteng dibanding teman-temannya.

Waktu berlalu dan mereka pun masuk SMA. Li Xiaohua bersekolah di SMA lain sedangkan Ke Jingteng bersekolah bersama Shen Jiayi dan juga-juga teman-temannya yang juga menyukai Shen Jiayi.

Walau sempat patah hati karena Li Xiaohua, Ke Jingteng akhirnya mengejar Shen Jiayi lagi dengan cara menjadi teman baik Shen Jiayi. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama-sama sehabis pulang sekolah untuk belajar di dalam kelas. Teman-teman Ke Jingteng yang lain pun semakin gencar mengejar Shen Jiayi yang polos dan tidak mau memikirkan hal yang berkaitan dengan pacaran. Ke Jingteng sendiri belum mengungkapkan perasaannya pada Shen Jiayi.

Cerita berlalu lagi dengan cepat saat Ke Jingteng memutuskan untuk kuliah di jurusan manajemen sains bersama Shen Jiayi, namun ternyata Shen Jiayi malah tidak berhasil masuk ke sana. Di saat Shen Jiayi meneleponnya sambil menangis, Ke Jingteng memberitahu perasaannya. Namun saat Shen Jiayi ingin memberikan jawabannya, Ke Jingteng menolak (karena ia takut ditolak oleh Shen Jiayi dan nantinya dia akan patah hati).

"Kau sabarlah menunggu sampai hari ketika aku akan mendapatkanmu. Tolong biarkan aku terus menyukaimu." - Ke Jingteng. 

Apa jawaban Shen Jiayi yang sebenarnya? Lalu, apakah mereka akan terus bersama? Baca kisahnya sendiri di You Are the Apple of My Eye.


Ada sedikit perbedaan dengan filmnya. Walaupun begitu, ga terlalu pengaruh banget ke inti ceritanya kok. Gue suka banget malah sama bukunya, gue bisa 'menyelami' karakter Ke Jingteng lebih dalam lagi. Sekarang gue lebih bisa memahami kenapa Ke Jingteng dan Shen Jiayi ....... (no spoiler, 'kay?). 

Ada beberapa scene yang memang sangat indah di film dan ga ada di novelnya. Gue pun sadar mungkin yang ada di film hanya 'polesan' agar cerita terlihat menarik. Novel yang memang ditulis sendiri oleh si empunya pengalaman ceritanya, terasa jujur dan tidak mengada-ada. I like it! Terjemahannya juga udah 'halus' dan gampang dimengerti. Trus tulisannya terketik dengan font dan line spacing yang tidak membuat sakit mata *\o/*

Dan ini gue menyisipkan trailer filmnya, semoga kalian yang belum menonton filmnya dan yang mau membaca buku ini bisa mendapat gambaran cerita dan tokoh-tokohnya.


Untuk yang mau membaca review filmnya bisa tengok ke sini. Dan yang mau membaca review bukunya yang selengkapnya di sini.

5/5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[C-Drama] Well-Intended Love Season 1 & 2 REVIEW

Taiwan Drama - Kabut Cinta (Romance in The Rain)

[C-Drama] REVIEW The Love Equations a.k.a The Sweet Love Story