Haru dan Aku: The Cutiest Publisher and The Choosy Reader


Penerbitharu

Annyeong Haseyo! :D

Tulisan ini kubuat dalam rangka lomba yang diadakan oleh Penerbit Haru. Judul yang kupilih adalah Haru dan Aku: The Cutiest Publisher and The Choosy Reader. Loh kenapa judulnya itu? Karena menurutku judul tersebut cocok untuk Penerbit Haru yang selalu menerbitkan buku dengan cover yang manis dan unyu-unyu dan juga aku, pembaca yang selalu rempong dalam memilih buku.

Pertama kali aku membeli buku yang diterbitkan Penerbit Haru berjudul ‘So I Married The Anti-fan’ karya Kim Eun Jeong. Sebenarnya aku bukan orang yang cinta Korea (K-Popers). Tapi karena covernya yang unyu-unyu dan unik, aku membeli buku tersebut. Oh iya, walaupun ada pepatah ‘Don’t judge book by its cover’ tetapi aku ini selalu melihat buku dari covernya. Kebiasaan buruk memang ^^;

Karena Penerbit Haru selalu menerbitkan buku dengan cover yang unyu-unyu itulah, aku bisa dibilang sebagai Pecinta Penerbit Haru. Sampai sekarang aku sudah punya 6 buku terbitan Penerbit Haru, di antaranya: So I Married The Anti-fan, Oppa & I, Seoul Cinderella, Close To You, Oppa & I: Love Mission, dan 4 Ways to Get a Wife.

   
  

Walaupun aku suka dengan cover buku terbitan Penerbit Haru, ada satu-dua hal yang aku kurang suka dari Penerbit Haru (Jweisonghamnida T___T).

Pertama, di novel So I Married The Anti-fan, di setiap awal bab baru, terdapat gambar-gambar dan judul bab tersebut. Dan gambar & judulnya sedikit terlihat buram. Kan jadi tidak enak dipandang. (Dan menurutku, kertasnya terlalu tipis dan juga buram).

Kedua, di novel Close To You, lagi-lagi, gambar di setiap awal bab baru terlihat buram dan hitam. Dan jarak spasinya (line spacing) seharusnya lebih diperlebar. (NB: Aku ini tipe orang yang kurang suka membaca bacaan dengan jumlah kata banyak-banyak di satu halaman). Dalam satu halaman terdapat banyak kata sehingga membuatku sedikit bosan dan malahan kadang-kadang aku suka meloncat-loncat dari paragraf awal ke tengah lalu ke akhir.

Ketiga, di novel 4 Ways to Get a Wife, lagi-lagi, line spacing-nya sangat kurang lebar. Dalam satu halaman, terlalu banyak kata. Untuk terjemahannya, ku rasa sudah cukup baik. Thumbs up for the translator.

Itulah keluhanku untuk Penerbit Haru. Aku minta maaf kalau aku ini terlalu cerewet. Tetapi semua komentar dan keluhanku ini kubuat secara jujur agar Penerbit Haru menjadi lebih baik lagi di masa yang akan mendatang.

Harapanku, Penerbit Haru bisa mempertimbangkan semua komentar yang diberikan oleh semua pembaca Penerbit Haru. Karena aku yakin komentar mereka dan komentarku ini bertujuan untuk membuat Penerbit Haru menjadi lebih baik.

Saranku untuk Penerbit Haru, coba deh Penerbit Haru menerbitkan kumpulan Fanfiction (baik Korea ataupun negara lainnya) ataupun sesuatu yang baru sehingga bisa membuat Penerbit Haru berbeda dari penerbit lainnya.

Dan aku minta Penerbit Haru untuk mempertahankan ke-unyu-an cover-cover bukunya. Untuk masalah harga, aku memang tidak terlalu masalah, namun sebaiknya harga-harga buku tersebut lebih disesuaikan dengan isi kantong para pelajar ^^.

Kurasa tulisanku kali ini cukup sekian dulu. Jika ada yang kurang berkenan dengan pendapatku, sekali lagi aku minta maaf (kan pendapat setiap orang berbeda-beda). Dan mohon maaf bila ada penulisan yang salah (kan manusia tidak ada yang sempurna :p). Semoga Penerbit Haru bisa terus berkembang dan menjadi Penerbit yang dicintai oleh banyak orang. Gamsahamnida ^^.

by Jessica Ravenski


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[C-Drama] Well-Intended Love Season 1 & 2 REVIEW

Taiwan Drama - Kabut Cinta (Romance in The Rain)

[C-Drama] REVIEW The Love Equations a.k.a The Sweet Love Story